Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Susah Menelan Obat Tanpa Pisang

Sebagian orang, terutama anak kecil atau yang sudah agak besar, biasanya masih kesulitan ketika mereka disuruh untuk menelan obat-obatan terutama yang berbentuk tablet. Karena itu jika masih kecil, biasanya oleh petugas apotik, apabila mengetahui pasien yang akan minum obat adalah anak kecil, mereka akan menghaluskan obat tersebut dengan blender atau alat penggerus dari porselen.
Tentu saja karena anak kecil sulit minum / menelan obat yang berbentuk tablet. Tetapi bagaimana dengan pasien yang sudah besar? Apakah jika sulit minum obat kecuali dengan buah pisang, maka kita harus menyediakan pisang tiap waktu, padahal pusing atau demam bisa datang secara tiba-tiba tanpa persiapan dan tidak selalu tersedia buah pisang di warung-warung? Sementara apabila minum obat dengan air putih selalu akibatnya obat dimuntahkan lagi oleh perut.
Nah untuk itu, bagi anda yang kesulitan menelan obat melainkan menggunakan bantuan pisang, anda bisa menggunakan tips berikut ini:
1. Sediakan segelas air putih, bagus lagi minuman mineral kemasan karena biasanya tanpa bau dan aroma yang membuat mual.
2. Siapkan tablet obat yang akan diminum, karena di sini kecepatan akan berpengaruh secara signifikan dari kesuksesan tips minum obat bagi yang susah menelan obat ini.
3. Bacalah Bismillah dan ambil segelas air tersebut dengan tangan kanan.
4. Hirup dan tahan seteguk air tersebut di mulut jangan buru-buru ditelan karena ia akan menjadi media obat yang akan dikonsumsi.
5. Tengadahkan muka ke atas, dan buka mulut, sementara itu pindah gelas ke tangan kiri sementara tangan kanan mengambil tablet lalu masukkan ke mulut, dan segera telan dengan air yang ada di mulut.
6. Minumlah sisa air di gelas dengan tangan kanan untuk mengguyur sisa rasa pahit di mulut.
7. Alhamdulillah, anda telah sukses minum obat tablet tanpa bantuan buah pisang.

Fungsi air yang ditahan di mulut dan diminum bersama-sama obat ialah untuk mengurangi intensitas sengatan rasa pahit yang kerap membuat mual. Dan rasa pahit yang sedikit itu bisa diatasi dengan segelas air tadi.
Selamat mencoba semoga berhasil, dan semoga lekas sembuh.