Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menjaga Kebugaran Bagi Karyawan Kantoran


Memang sudah bukan rahasia lagi bagi para pegawai negeri, maupun swasta baik pegawai tinggi, menengah, apalagi bagi mereka yang bertubuh tambun. keluhan utama adalah letih, lelah dan kantuk. Apa si kiat yang ampuh untuk meraih kebugaran tubuh yang diharapkan kiranya?

Berikut adalah tips alias kiat-kiat yang insya Allah bisa mengatasi kelesuan dan menjaga agar aktivitas di kantor selalu nyaman.

Jagalah / batasi makan pagi agar tidak terlalu kenyang.
Apapun yang ‘terlalu’ kata bang haji itu kurang baik, termasuk diantaranya makan terlalu kenyang, karena makan pagi terlalu kenyang akan membuat efek kantuk yang ujungnya akan membuat gairah kerja malah menurun. Makanlah secukupnya, dengan sesuai aturan sunnah malah lebih baik, yakni sepertiga perut, atau kira-kira belum sampai kenyang.

Senam durasi Pendek di sela-sela kerja
Biasakanlah melakukan senam disaat rasa kantuk mulai datang,walaupun dalam durasi pendek 10 menit.
Gerakan-gerakan yang praktis dilakukan di ruang yang sempit antara lain jalan di tempat, disambung dengan lari-lari di tempat, Peregangan otot-otot lengan dan otot dada, squad jump, side up, peregangan otot kaki, otot belakang paha, dan terakhir dengan melakukan peregangan otot leher dan belakang leher yang memang sering kaku. 

Nutrisi tambahan pengusir lesu
Minum jus yang agak-agak kecut atau asam, tetapi tentu saja ini hanya bagi anda yang tidak mempunyai gangguan lambung dan harus menghindari rasa kecut / asam!
Berikut contoh ramuan jus sledri yang diyakini bisa menurunkan darah tinggi, kolesterol dan menjaga kebugaran di saat lelah:
  • Sledri dua atau tiga batang, dibersihkan ujung dan daun-daun yang menguningnya.
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Madu 2 sendok makan
Cara membuat:
  • Masukkan bahan ke blender, tambahkan air ±400 cc
  • Disaring sebelum disajikan

Selamat Mencoba.