Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal-usul Uka Uka, Perkembangan dan Hakikatnya

kantong Macan
Sebetulnya apa sih arti kata uka-uka tersebut di atas? Mungkin tidak dapat dijumpai di kamus bahasa manapun. Akan tetapi diyakini asalnya adalah UKA yang singkatan dari Uang Kertas Asing yang merebak pada akhir tahun 70 an, dimana pada saat itu, para penggemar barang-barang ghoib dan pusaka-pusaka yang mereka yakini bertuah distimulasi oleh isu tentang uang kertas asing Brazil yang konon peninggalan bung Karno dan dapat berubah menjadi mata uang Indonesia terkini seara ajaib. Kemudian uang berpeti-peti yang diburu-buru oleh pemburu harta tersebut terkenal dengan Uang Brasil dengan Kode UB.

Perkembangan Uka-uka
Apakah benar Uka-uka UB tersebut bisa menjadi modal pembangunan atau penolong orang kesusahan pada jaman sekarang jauh setelah Bung Karno meninggal dunia? Tentu saja ada kemungkinan walaupun kecil, karena mata uang biasanya bisa ditukar di Money Changer, dan uang itu dimana-mana lumayan bermanfaat. Tetapi jika dihubung-hubungkan dengan kisah mistis dan bisa bermetamorfosis menjadi uang kertas Republik Indonesia dengan sendirinya, lengkap dengan pita emas atau perak Perum Peruri dan nomor seri dengan ukuran huruf progresif, sayapun speechless (tidak tahu harus berkata apa). Pendapat kami uka-uka itu adalah sekedar ungkapan kejenuhan dari para pemimpi-pemimpi pemburu harta yang mengharapkan mendapat uang banyak sekali secara mudah. Akan tetapi memang banyak sekali masyarakat yang masih mempercayai hal-hal klenik semacam itu dan kita perlu prihatin atas hal tersebut.
Sesuatu yang tidak mungkin, atau dimungkinkan terjadi tetapi dengan bantuan jin (yang mana hal meminta bantuan jin ini dilarang dalam agama Islam) dipercayai dan diyakini oleh masyarakat yang notabene sudah berpendidikan tinggi. Misalnya ada cerita-cerita, orang mendapat harta karun hanya dengan petunjuk sebilah keris atau mendapat uang milyaran dengan menjual seekor hewan yang namanya tokek. Untuk itulah mungkin muncul istilah bisnis uka uka. Selanjutnya hal yang tak masuk akal kan dibahas secara singkat, sederhana oleh penulis di edisi berikutnya, bukan untuk anda mempercayainya, hanya saja ditujukan untuk pembaca yang masih awam dan dikhawatirkan mereka mengambil informasi tentang UKA-UKA dan sejenisnya dari sumber-sumber klenik yang bertujuan menipu pembacanya. Di sini insya Allah, akan kami sampaikan pengetahuan tentang barang-barang pusaka yang diyakini bertuah itu secara logis, obyektif, dan tidak ada tendensi untuk meraih keuntungan supaya pembaca bisa menarik pemikiran dan kesimpulan yang lebih bijaksana untuk menghindari kerugian di dunia dan di akhirat nantinya.
Uka-Uka Semakin Populer
Lebih lanjut istilah Uka-Uka ini dipopulerkan lagi di sekitar tahun 2000 an di sebuah stasiun televisi yakni TPI (televisi pendidikan indonesia) yang sekarang berubah menjadi MNC TV diluncurkan program UKA-UKA yang berisi konsep tantangan kepada hal-hal mistis, tentu saja tidak lepas dari teknologi, walau sebagian menyatakan tidak menggunakan spesial effek. Dan herannya menarik pemirsa dari berbagai umur, mungkin dikarenakan selaras dengan kepercayaan dan tahayul yang sudah beredar di masyarakat bahwa ada tempat-tempat tertentu yang mempunyai nuansa mistis, berpenunggu, angker dan bisa membuat seseorang kualat apabila melanggar pantangan-pantangannya. Sesungguhnya walaupun keyakinan yang salah ini sudah terlalu dalam tertanam di dalam hati masyarakat umumnya, adapun mengenai bagaimana mensikapi tempat-tempat yang dianggap angker bisa anda membacanya di sini: menghadapi penunggu tempat angker.
Jenis Uka-Uka
1. Kantong macan dengan kode (K M)
Pada tahun 1972 banyak orang tergiur dengan rumor yang beredar di kala itu bahwa ada konglomerat kaya raya memerintahkan banyak anak-buahnya supaya mencari dengan gigih mascot atau azimat yang bernama kantong macan. Dan disebarkan informasi bahwa dia (konglomerat tersebut) berani membayar dengan harga ratusan juta rupiah bahkan sampai milyaran rupiah. Pada tahun tersebut, istilah Milyar Rupiah baru mulai memasyarakat dan selanjutnya mulai tenarlah istilah satu M, atau se-M. Tentu saja tidak ada yang mengetahui kebenaran informasi tersebut ataukah hanya berita bohong, tetapi yang jelas, para pemburu harta, penggemar klenik dan mereka yang merasa sudah punya sedikit ilmu “jin” mulai heboh untuk mencari dan menjual ajimat Kantong Macan Tersebut.
Apa si Kantong Macan itu? Seperti apa wujudnya? Menurut pengamatan penulis, yang namanya kantong macan itu hanyalah selembar kulit tipis kering dengan bulu-bulu yang juga halus tipis mirip dengan bulu harimau. Mirip kue dadar gulung kecil berrongga hingga berbentuk kantung, sehingga bisa dimasuki ibu jari kaki orang dewasa. Ada semacam accesoris benik ( kancing ). Nah dari jumlah kancing atau benik atau mata itik itulah ditentukan mahal atau murah sebuah kantong macan. Konon diceritakan ada kantong macan benik 7 , kantong macan benik 9 , dan kantong macan benik 12
Kisah Mistis dibalik Kantong Macan
Apapula cerita mistis dari Kantong Macan tersebut? Berbagai versi beredar di pasaran tentang kelebihan dan kisah-kisah mistis di balik kelebihan KM sehingga menjadi pencarian banyak orang. Orang yang telah mempunyai Kantong macan plus mantra-mantra gaib (yang detil rapalannya penulis tidak tau), tentu saja ditambah beberaa laku / tirakat, bila kantong macan tersebut sudah menyatu di ibu jari kaki kiri, kemudian melakukan gerakan salto 3 x maka critanya di lompatan ketiga akan berubahlah dia jadi Macan atau harimau / singa!
Nah benik-benik tersebutlah yang menentukan besar kecilnya manusia harimau jadi-jadian itu. Bahkan saking ampuhnya Kantong Macan benik 12, dapat menjadikan singa jejadian tersebut terbang mengarungi angkasa bahkan sampai ke antar benua lain apalagi cuma jauhnya Saudi Arabia. Konon juga pemakainya menjadi sakti tanpa tanding.
Akan tetapi menurut yang pengalaman yang penulis alami sendiri di era tahun 1980 an sampai menghabiskan dana yang tidak sedikit, penulis sudah terjun dan mencari sendiri karena pada saat itu masih memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dan ternyata semua yang diceritakan tentang kisah-kisah mistis kantong macan tersebut tidak pernah terwujud.
Jadi pembaca dimohon jagnanlah cepat percaya dengan hal-hal tahayul seperti jimat kantong macan uka-uka, dan sebagainya. Biasanya isu-isu barang ghaib itu menjadi obyekan para pengangguran yang selalu bermimpi hidup enak serba kecukupan tanpa kerja keras! Hingga rela setiap ada info tentang kemudahan-kemudahan untuk menggapai keuntungan milyaran rupiah pasti dicari dan diburunya! Tetapi sebetulnya apa yang mereka dapat? Yang mereka dapat adalah ngariyung kumpul antar makelar bertemu maklar, minum kopi, merokok sambil cerita pembagian keuntungan dalam rangka menipu? Seusai pembayaran dari bos! Bossnya yang mana? Ketika datang si Boss tersebut- ternyata si Boss tersebut makelar lagi! Akhirnya ngopi lagi, merokok lagi, melamunkan duit gampang datang lagi ah.