Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara migrasi blog dari wordpress ke blogger tanpa kehilangantrafik. Ada yang tahu caranya?

Cara migrasi dari blog wordpress ke blogger alias blogspot sih mudah, tetapi untuk menjaga agar jangan sampai kehilangan trafik baru gampang-gampang susah. Gampang karena sebetulnya logikanya tidak begitu sulit, dan hal tersebut sudah pernah saya coba walaupun kebalikan, yakni dari blogger ke wordpress.
Yang jelas, bahan-bahan yang mesti anda butuhkan adalah sebagai berikut:

a. Nama domain sendiri, karena hal migrasi ini tidak bisa tidak harus menggunakan nama domain sendiri, dan jika anda tidak mempunyainya maka harus buruan beli domain .com sendiri, atau minimal memakai jasa nama domain gratis seperti co.vu, atau co.cc, uni.me, atau domain gratis lainnya. Tentu saja akan lebih lama lagi prosesnya jika mendadak membeli domain baru. Akan tetapi jika blog wordpress anda sudah menggunakan nama domain sendiri dan hosting sendiri maka prosesnya akan lebih cepat lagi
b. Hosting sendiri, karena kita di sini tidak sedang merencanakan migrasi dari wordpress.com ke blogspot tanpa kehilangan trafik. Jika anda saat ini menggunakan jasa wordpress.com maka prosessnya akan lebih lama lagi, walaupun tidak menutup kemungkinan tetap saja bisa.
c. Waktu perpindahannya / migrasi up to 1 bulan lamanya.

jika sudah tersedia bahan di atas maka step by step adalah seperti ini:
1. Ganti permalink anda menjadi mirip dengan blogspot seperti http://pinter.blogspot.com/2013/06/how-to-show-ads-on-specific-blogspot.html,sehingga jika anda menggunakan wordpress yang mungkin semula permalinknya seperti ini: http://pinter.com/2013/06/how-to-show/ dengan menambahkan pada custom permalink di belakang sendiri ".html"
migrasi blog dari wp ke blogger tanpa kehilangan trafik

hendaknya diingat jangan sampai lupa bahwa pergantian permalink ini juga berpengaruh besar dalam menghilangkan trafik, karena itu anda bisa menggunakan plugin seperti "all in one SEO pack" untuk mengatasi efek samping dari pergantian permalink untuk migrasi blogger wp tanpa kehilangan traffic nantinya.
2. Dalam mengganti permalink hendaknya dicheck satu persatu jika post anda tidak terlalu banyak, tetapi jika sudah terlalu huge jumlah postingnya maka tawakal saja mas. karena satu atau dua post yang jelas akan kehilangan trafiknya, alias tidak semuanya posting bisa diselamatkan kepopulerannya. Ini adalah akibat dari batas karakter dari permalink yang disediakan blogger.
3. Tunggu sampai setengah bulan hingga satu bulan sampai crawl, pengindekan dari google dan mesin telusur yang lainnya sudah menampilkan ".html" di akhir url blog anda pada hasil pencarian mereka.
4. Export post blog anda ke blogger





5. Gantilah nama blogspot anda ke custom domain bekas dari wordpress anda.

Saya harap apa yang saya susun ini bisa membantu anda, selamat mencoba!