Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Ghirah

Arti dari kata Ghirah ialah semangat, dan dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya sebagai gairah (bukan berarti nakal loh ya?), dalam kaitannya dengan istilah Islam yang sering dijumpai arti ghirah adalah “ruh, semangat dalam keagamaan”. Tanpa ruh yang menghidupi, sebuah gerakan dengan dana mobilisasi yang cukup akan bergerak, tetapi gerakannya gerakan robot. 

Begitu penting posisi ghirah ini sehingga perlu sekali untuk melakukan briefing (bimbingan, kultum) setiap waktu tertentu seperti dalam perusahaan briefing dilakukan setiap pagi untuk mengingatkan kembali tujuan, untuk memotivasi, untuk memberikan kiat-kiat dalam pemasaran, dan lain sebagainya.

GHIRAH GHIROH arti spiritDemikian pula dalam beragama, ketika orang mulai kehilangan tujuan mereka beribadah, pudarnya gambaran kelezatan al jannah, terkikis oleh bujuk rayu syaithan yang berpakaian indah gemerlapan di televisi, raibnya harapan akan elok dan teduhnya surga Allah, tergantikan oleh rimbunnya perumahan griya paling elit nan asri yang tentunya berharga mahal, dan memburamnya panggilan ke tanah suci beriringan dengan semakin marak tawaran travelling menuju tujuan wisata terkenal di seluruh penjuru bumi yang berpanorama surgawi. 

Maka itu berarti al Ghiroh atau Ghirah mereka telah hilang. Mereka telah menjadi zombie, mayat hidup yang hidupnya sekedar menjadi alat bantu syaithan.