Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa krama


Ucapan selamat ulang dahulu belum ada di masyarakat jawa, dan memang tradisi ulang tahun, di kalangan masyarakat Jawa pada jaman dahulu pun belum dikenal, tetapi seiring dengan perkembangan jaman, dimana orang jawa pun berinteraksi dengan kaum pendatang seperti dari cina, dan dari barat maka budaya ulang tahun pun menjadi umum diadakan di masyarakat kita.

Pada saat ini masyarakat jawa rata-rata memperingati hari ulang tahunnya dengan masakan nasi kuning. Walau ada sebagian yang meniru kebudayaan barat dengan kueh ulang tahun lengkap di hiasi dengan lilin sebanyak umur si orang yang sedang ulang tahun. Lain lagi dengan orang tiongkok pada masa lalu mengenal mie ulang tahun, atau mie panjang umur. Mengapa mie panjang umur? Tentu saja karena mie itu panjang-panjang sehingga seakan ada harapan bahwa umur juga seperti mie itu (mungkin). 
Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa ada beberapa macam tergantung kepada siapa orang yang lagi ngerayain pesta ulang tahun. Jika yang berulang tahun itu masih kepernah (terhitung) angkatan tua walau usianya muda maka harus memakai bahasa krama.
Contoh: Ngaturaken sugeng tanggap warsa, mugi tansah pinaringan rahayu, lan barokah saking Gusti Alloh, amin
arti: selamat ulang tahun semoga selalu diberi keselamatan & barokah