Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Doa dan Zikir Doa Orang Sakit Agar Lekas Sembuh & Dzikir Khusus Bagi Yang Tidak Ada Lagi Harapan Untuk Hidup Terus

Kumpulan Doa Dzikir Saat Sakit

Sakit dan sehat adalah hiasannya orang hidup di Dunia. Tentu jika sudah sampai ke kampung Akhirat, tidak ada lagi cerita-cerita seperti itu, karena di sana (surga) kesehatan adalah bersifat abadi, sementara di neraka tidak akan dijumpai lagi nikmat sehat. 
Dari Sa'ad bin Abi Waqqash RA, bahwasanya Nabi bersabda:

دعوةذي النون، إذ دعاوهو في بطن الحوت : أن لا إله إ أنت سبحانك إني كنت من الظالمين(٨٧) إنه لم يد ع بها مسلم في شيء قط إلا استجاب الله له

"Doa Dzun Nun (Nabi Yunus) saat berada dalam perut ikan adalah: 'Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim' (QS Anbiya: 87) Sesungguhnya jika seorang muslim berdoa dengannya dalam urusan apa pun, Allah akan mengabulkan doanya". Imam At- Tirmidzi berkata, "Hadits ini sahih". (Jamiut Tirmidzi dan sahih al-Hakim)
 
Jika anda sedang sakit maka anda harus menyadari bahwa sakit tersebut adalah musibah yang tidak seorangpun menginginkannya. Kondisi tubuh yang lemah atau salah satu bagiannya yang sakit atau nyeri , bisa membuat seluruh tubuh menjadi tidak nyaman. Dan itulah yang dinamakan sakit. 
Pekerjaan kita menjadi tertunda, aktivitas menjadi terhambat semuanya serba tidak lancar berjalan sebagaimana biasa ketika kondisi tubuh sedang sehat.
Pada saat Anda sakit tentu anda ingin segera pulih dari kondisi Anda saat ini. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh yakni cara yang halal sesuai sunnah dan ada pula cara yang mubah. Tentu saja ada cara-cara yang dilarang seperti datang ke paranormal dukun yang memberikan alternatif pengobatan tetapi menggunakan jalur yang tidak dibenarkan oleh agama Islam hal itu tidak akan kita bahas disini. 

Penyakit Susah Sembuh

Tidak semua jenis penyakit bisa dengan mudah disembuhkan dan pada stadium penyakit yang parah membutuhkan waktu yang panjang menuju kesembuhan. Dalam hal ini motivasi dan dukungan, dari keluarga semangat menjadi unsur terpenting yang harus diberikan guna mendukung kesembuhan.
Ikhtiar dengan berdoa,dan cara-cara yang ada di dalam sunnah seperti  menggunakan madu, habatussauda, bekam, dan lain-lain ini masuk kedalam cara afdhol. Adapun berobat dengan cara medical treatment atau terapi medis sesuai dengan ilmu kedokteran ini termasuk kedalam cara-cara yang mubah.

Selalu Optimis

Doa bagi orang yang tidak berputus asa insyaallah akan selalu diijabah oleh Allah subhanahu wa ta'ala selama si pemohon tidak berputus asa. Serta ucapan-ucapan yang sifatnya menghibur serta doa dari para pembesuk orang sakit itu juga memberikan support atau dukungan dan energi positif yang sangat besar pengaruhnya bagi proses kesembuhan si sakit. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam saat menjenguk orang sakit yaitu ucapan la ba'sa thohurun insya Allah. Yang artinya tidak mengapa tohur atau penawar yang dimaksud adalah menawarkan dosa-dosa insya Allah.
 

Dzikir Doa Saat Harapan Hidup Menipis

Memang benar, kita tidak boleh berputus asa dari rahmat Allah akan tetapi kita juga harus menyadari bahwa tiap-tiap yang bernyawa pasti akan mati. Oleh karena itu jika memang kenyataan sudah tipis harapan, dan dari sisi ilmu kedokteran juga memberikan sinyal yang lemah dalam menggapai kesembuhan hendaknya kita mempersiapkan sebaik-baiknya bekal supaya di akhir kehidupan kita bisa meraih husnul khotimah.

Sebaik-baiknya harapan bagi seorang muslim ialah mati dalam keadaan husnul khotimah. Supaya amalan-amalan kita bisa diterima Allah serta diampuni dosa kesalahan, serta dimasukkan ke dalam surgaNya. 
Sebagaimana kemarin dulu kita pernah membahas doa untuk orang sakit supaya lekas sembuh yang sesuai sunnah maka kali ini kita bawakan doa bagi mereka yang ditimpa sakit, akan tetapi karena keadaan yang sudah tidak memungkinkan, sehingga kecil harapan untuk hidup terus. Berikut adalah do'a yang rasulullah ajarkan:


اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَأَلْحِقْنِيْ بِالرَّفِيْقِ اْلأَعْلَى

Allahummaghfirly warhamni walhiqnii birrofiiqil a’la
“Ya Allah, ampunilah dosaku, be-rilah rahmat kepadaku dan pertemukan aku dengan Kekasih Yang Maha Tinggi.”" — HR. Al-Bukhari 7/10, Muslim 4/1893



Semoga dengan do'a di atas, bisa membantu si sakit agar diampuni Allah segala dosanya, atau keluarga si sakit agar lebih lebih tabah dan ikhlas tatkala ditinggalkan. Adapun cara-cara seperti dibacakan yasin yang tidak diajarkan oleh baginda rasulullah Sholallahu 'alaihi wassalam adalah tidak benar. Insya Allah akan lebih selamat jika si sakit dituntun dengan talkin Laa ilahaillallah pada saat menjelang sakaratul maut.
Wallahu ta'ala a'lam bishowab, barakallahu fiikum.