Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dan Kartu Lebaran tulisan Arab

Saling mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang akan kita jumpai setelah ramadhan 1435 H ini adalah hal yang umum terjadi. Rasanya memang lebaran di Indonesia tidak terasa lengkap tanpa saling mengucap maaf memaafkan serta ucapan selamat, baik kepada sesama teman, saudara dan handai taulan sekalian. Dalam agama Islam, hukum saling mengucapkan selamat hari raya idul fitri atau dikenal juga ucapan selamat (tah-niah) diperbolehkan oleh para Imam ahlussunnah, akan tetapi ada pula yang hanya menjawab ucapan selamat dan tidak mendahului.  Ucapan yang masyhur adalah "taqobalallahu minna wa minkum".


Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah ditanya, “Apa hukum mengucapkan selamat hari raya? Lalu adakah ucapan tertentu kala itu?”
Beliau rahimahullah menjawab, “Ucapan selamat ketika hari raya ‘ied dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan (dosa).”

Dan di era yang semakin global ini tidak menutup kemungkinan saya dan anda mempunyai kolega, sahabat, atau bahkan saudaraa yang berada di manca negara. Untuk itu supaya lebih gaul mungkin boleh juga memberi ucapan Selamat (tah-niah) Hari Raya Idul Fitri (eid Mubarok) ini dalam bahasa setempat mereka supaya lebih akrab. Seperti misalnya Ucapan Hari Raya Idul fitri dalam Bahasa Jawa atau bahasa Inggris.

Berikut adalah contoh Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H dalam Bahasa Inggris:
I sincerely wish you happy Idul Fitri 1 Syawal 1435 H / 2014 M
May Allah bless you in order that you will always be in good health and happiness.
Further I beg to apologize for all mistakes which I might have made against you.
 May all the joys of life be showered on you, Happy Eid Mubarak 1435 H
   Eid..
  A day of happiness
  Joy and togetherness
Happy Eid Mubarak
Tulisan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Arab yang lazim untuk dikirimkan pada teman adalah sebagai berikut:
 
  تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ كُلُّ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ
Taqobalallahu minna waminkum shiyamana wa shiyamakum kullu 'amin wa antum bikhoir
yang artinya kurang lebih: semoga Allah menerima yang dari kami dan kalian, puasa kami dan puasa kalian. Tulisan di atas bisa dengan mudah dicopy walau dari HP Android, dengan cara ditekan dan ditahan sampai muncul pilihan 'select' dan pointernya digeser lalu jika diklik tulisan select akan muncul pilihan 'copy'. Nanti tinggal dipaste / ditempel di sms kepada teman.

Saya menyampaikan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2015 M. Semoga Allah subhanahu wata’ala memberi berkah kepada tuan / saudara agar supaya saudara / tuan senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan diliputi kebahagiaan.
Selanjutnya saya harap sudilah kiranya tuan / saudara memaafkan saya untuk segala kesalahan-kesalahan yang mungkin telah saya lakukan baik sengaja maupun tidak terhadap saudara.
kartu ucapan lebaran ucapan selamat idul fitri tulisan arab 1432H
minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin
Eid ul-Fitri, Eid al-Fitr, Idul Fitri, or Id al-Fitr (Origin Arabic: ‎عيد الفطر ‘Idul - Fitri; Arabic pronunciation: [id al fitriy]), usually abbreviated to Eid, is a two (In Indonesia) or three-day (In Pakistan)  Muslim holiday that come after the end of fasting month (shaum) Ramadhan month. Eid originally is an Arabic word, mean “festivity,” while words Fitr means “original nature,” implying back to holy just like new baby born who have no sin. The holiday festivity the success of Muslim’s faith and worships deeds during Ramadhan. The day of Eid, begin on the first day of Shawwal (Islamic month).
Happy_Eid_Mubarak_2011 kartu lebaran bahasa inggris kartu ucapan selamat hari raya idul fitri 1432 H bahasa inggris
Source Picture:  newsonpakistan.com