Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Asimilasi, Akulturasi, dan Penetrasi

Asimilasi artinya adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan itu, asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Hasil dari proses asimilasi yaitu semakin tipisnya batas perbedaan antarindividu dalam suatu kelompok, atau bisa juga batas-batas antarkelompok. Selanjutnya, individu melakukan identifikasi diri dengan kepentingan bersama. Artinya, menyesuaikan kemauannya dengan kemauan kelompok. Demikian pula antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain

Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.


penetrasi kb. 1 penembusan (of a bullet). 2 perembesan (of water, of people). (into ke). 3 (economic, cultural) penetrasi.
dalam bahasa indonesia penetrasi berarti penekanan terhadap suatu unsur ( bisa benda atau apa saja ) yg dilakukan secara bertahap & berkesinambungan demi suatu tujuan tertentu.

#tag penetrasi artikata kamus istilah terminologi dictionary slank