Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Mitos dan Tahayul tentang Ibu hamil

Mungkin memang pernah terbersit keraguan di benak kita, dan hal ini bisa saja terjadi karena masih kentalnya peninggalan animisme dan dinamisme pada masyarakat Indonesia. Dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan seperti:
- benarkah wanita hamil yang sakit perut pada waktu malam hari merupakan tanda di ganggu makhluk halus?
- apakah pria yang istrinya sedang hamil harus berpantang membunuh binatang selama masa kehamilan istrinya, supaya kandungan tidak terkena bala?
Beredar kepercayaan jika suami memotong kepala ular, nanti bisa anaknya lahir tidak berkepala. demikian juga menyembelih ayam, dan kepercayaan yang janggal lainnya. Tidak saja orang Jawa, orang Sumatra, dan Indonesia pada umumnya dalam hal mitos kepercayaan berbau tahayul ini.


Timbul pertanyaan besar, apa bila si suami mempunyai profesi penjual jualan ayam cabut bulu, apakah dia harus cuti panjang selama 9 bulan menunggu bayi lahir atau alih profesi? Supaya anaknya lahir utuh kepalanya masih bersambung dan tidak botak, karena ayam jualannya sudah cabut bulu? Lol.

Banyak juga orang yang tidak percaya pada hal tahayul, jika mereka bertemu ular ya bunuh ular, ketemu kelabang bunuh kelabang, terutama binatang-binatang yang termasuk kategori fawasiq dan boleh / dianjurkan dibunuh.
Jika kepengin makan ayam ya baca basmallah sembelih aja ayamnya. Saya [penulis] adalah contohnya, saya sangat yakin kalau Allahlah yang mengatur segalanya dengan seadil-adilnya. Mitos dan kepercayaan tahayul itu mungkin dan hanya berlaku bagi orang-orang pengecut lagi penakut.

Berikut ini adalah berbagai artikel tentang Tahayul, Bid'ah, dan Churafat, yang saya kumpulkan dari berbagai sumber: bukan bertujuan untuk menyemarakkan TBC atau Tahayul, Bid'ah, dan Churafat di masyarakat akan tetapi sekedar rangkuman saja, bahkan saya ingin menunjukkan bahwa jika anda akan ikut-ikutan konyol mengikuti mereka yang tanpa dasar atau dalil dalam mengadakan amalan-amalan serupa ibadah maka. Dan saya tidak merekomendasikan hal tersebut

Di China, Matahari Sedang Dimakan Anjing
Di India, gerhana matahari merupakan peristiwa yang tak mengenakkan bagi para ibu hamil
Gerhana matahari di langit Siberia, Rusia, 1 Agustus 2008 (AP Photo)

VIVAnews - Gerhana matahari sudah menjadi bagian dari legenda sejumlah bangsa. Di India dan China, misalnya. Kedua bangsa itu sejak lama disuguhi tahayul bahwa tertutupnya pandangan ke arah matahari oleh bulan dari permukaan bumi itu menandakan peristiwa yang tak mengenakkan.

Kebetulan, sebagian wilayah di China dan India Rabu pagi, 22 Juli 2009, sudah disuguhi gerhana matahari total, yang diyakini akan menjadi yang terlama dalam abad ini, yaitu sekitar 5-6 menit, bahkan lebih. Maka, menurut stasiun televisi CNN, tahayul mengenai gerhana kembali muncul di India dan China.

Di India, gerhana matahari merupakan peristiwa yang tak mengenakkan bagi para ibu yang sedang hamil. Mereka tidak boleh keluar rumah selama berlangsungnya gerhana karena muncul tahayul bahwa anak yang akan lahir bisa berisiko terlihat aneh, dengan sejumlah tanda di kulit mereka.

"Saya disuruh tidur telentang di atas ranjang dengan mata tetap melek sambil mengucapkan doa dan kutipan ayat suci agama Hindu selama berlangsungnya gerhana," kata Sonya Chadha kepada kantor berita Associated Press. Itulah sebabnya, perempuan yang bekerja sebagai akuntan di New Delhi itu hari ini sengaja mengambil cuti.

Sedangkan di China, muncul cerita bahwa gerhana terjadi karena seekor anjing sedang memakan matahari. Maka, penduduk harus membuat suara segaduh mungkin untuk menakut-nakuti si anjing agar tidak sampai melahap matahari.

Demikian ungkap Bill Yeung, presiden dari Masyarakat Astronomi Hong Kong. Dia bahkan menilai ada kemiripan antara tahayul dari India dan dari China. "Di masa Tiongkok kuno, kami memiliki kesan yang sama dengan bangsa India bahwa gerhana matahari bukanlah peristiwa yang bagus," kata Yeung kepada CNN.

sumber: vivanews

Dan untuk anda yang ingin memahami kesalahan mitos dan kepercayaan yang salah dalam masalah ibu hamil ditinjau dari dunia kesehatan maka silahkan anda lihat di artikel mitos dan tahayul yang salah dari sudut pandang seorang dokter ini.